Apa itu Cloning Harddisk

Apa itu Cloning Harddisk berserta Contoh Kasus Cloning

Cloning harddisk atau HDD kerap kali dipilih sebagai cara untuk memperoleh media penyimpanan yang baik. Namun meski manfaatnya cukup menarik, masih banyak yang belum tahu apa itu cloning harddisk.

Padahal, cloning tersebut bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penyimpanan tanpa harus melakukan instal ulang pada perangkat. Salah satu proses cloning yang biasa dilakukan adalah cloning HDD ke SSD.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi saat ini, HDD dianggap sudah mulai usang. Oleh karena itu, bagi Kamu yang ingin mencoba cloning HDD ke SSD, silakan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Cloning Harddisk?

Pada bagian pertama ini akan diberikan penjelasan singkat tentang arti dari cloning HDD. Cloning HDD ini merupakan proses penyalinan isi dari Harddisk ke media penyimpanan lainnya.

Langkah tersebut dilakukan untuk memindahkan semua file dan dokumen di harddisk tanpa harus melakukan instal ulang. Jadi, pada proses cloning ini tidak akan ada file penting yang terlewatkan.

Saat cloning HDD dilakukan, berbagai macam file termasuk hidden file juga akan disalin semuanya. Melakukan cloning ini umumnya dilakukan oleh teknisi

Contoh Kasus Cloning yang sering dilakukan
gagastekno.com

Contoh Kasus Cloning yang sering dilakukan

berikut ini contoh yang sering dilakukan oleh para teknisi untuk menggunakan proses cloning

1. Cloning HDD Internal Laptop / Komputer ke SSD Baru

Saat kita akan mengganti perangkat media penyimpanan laptop ke media baru seperti SSD tentunya yang sering dilakukan yaitu menginstall ulang windows nya.

tapi tidak semua menginginkan hal tersebut. install ulang windows baru tentu akan merepotkan karena user yang menginstall lagi aplikasi keseharian nya.

alternatif terbaik untuk mengatasi nya dengan Meng Cloning HDD Internal ke SSD/Media Baru. tentu akan menghemat waktu kita, daripada install aplikasi lagi

Baca Juga : TBW SSD Apakah Sama dengan Umur SSD

2. Cloning Flashdisk

Flashdisk menjadi media penyimpanan yang paling kecil yang masih sering dipakai. data di Flashdisk menjadi kategori Fast Moving / Data Temporary saja.

Data di Flashdisk biasanya data yang tidak begitu penting dan biasanya sudah ada backup lain di HDD / SSD / Media lain

namun itu tidak berlaku untuk semua. karena ada beberapa orang yang menyimpan Data penting di Flashdisk dan mungkin ada sistem kusus di flashdisk ditanam didalamnya.

solusi bagi anda yang ingin mengandakan sistem di Flashdisk dengan Cloning Flashdisk menjadi banyak, itu bisa “menyelamatkan” anda bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti Flashdisk tiba2 rusak tidak terdeteksi.

3. Cloning HDD SERVER

Data di HDD SERVER tentunya tersimpan DATA yang sangat penting dan rahasia. banyak HDD SERVER yang menggunakan sistem RAID yang kurang optimal sehingga memiliki tingkat Resiko sangat tinggi jika terjadi kerusakan parah.

kali ini kami tidak menjelaskan tentang sistem RAID karena sudah kami buatkan artikel penjelasan khusus tentang pengertian sistem RAID .

Lakukan Cloning HDD SERVER anda agar bila terjadi kerusakan secara tiba2 tidak khawatir.

4. Cloning Sistem Mesin Server

Sistem khusus yang ada di Mesin Pabrik sering kali akan sulit di perbaiki jika mengalami kerusakan programnya.

untuk mengatasi kerusakan secara tiba-tiba sebagai IT Staff harus melakukan management resiko dengan memonitoring terus kinerja sistem Mesin Pabrik.

lebih bagus bila harddisk tersebut di gandakan dengan metode cloning ke beberapa harddisk. tujuannya bila sistem atau harddisk rusak masih bisa pakai harddisk lain.

Penutup

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu cloning harddisk beserta Contoh kasus yang biasanya dilakukan oleh Teknisi pada umumnya. anda bisa lakukan sendiri di rumah/kantor anda.

Disclaimer : Harap lakukan Proses Cloning dengan hati-hati apabila salah konfigurasi itu akan menyebabkan kegagalan pada proses Cloning.

Kami BOLO Solutions menerima jasa cloning di Surabaya dan sekitarnya. kami memiliki tenaga profesional yang siap mengerjakan proses cloning dengan cepat dan tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *