Recovery Data Harddisk WD 4TB Sandy Pondok Gontor Ponorogo

Mengenali Ciri-ciri Kerusakan Pada Harddisk

Mengenali Ciri-ciri Kerusakan Pada Harddisk |

Pengertian Harddisk

HARDDISK Adalah komponen perangkat keras (Hardware). pendukung Komputer atau Laptop yang  menyediakan ruang untuk menyimpan data. atau output dari proses data yang dilakukan oleh Komputer dan manusia. Di dalam Harddisk ada sebuah piringan yang berfungsi menyimpan data secara paten. meskipun komputer anda mati data di dalam Harddisk anda tidak akan hilang

Prinsip Kerja Harddisk

Spindle mempunyai sebuah penggerak yang disebut spindle motor. yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk dalam kecepatan tinggi. Perputaran ini bisa diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). Makin cepat putarannya makin bagus kualitas harddisk tersebut. Ukuran yang lazim biasa kita dengar adalah 5400, 7200, atau 10.000RPM.

Sebuah peranti baca-tulis elektromagnetik yang biasa disebut dengan Heads ditempatkan di kedua permukaan pelat. Heads berukuran kecil ini ditempatkan pada sebuah slider. Sehingga Heads bisa membaca data atau informasi yang tersimpan. pada pelat dan merekam informasi ke dalam pelat tersebut.

BOLO SOLUTIONS HERO

Slider ini dihubungkan pada sebuah lengan yang biasa disebut Actuator Arms. Actuator arms ini sendiri dipasang mati pada poros Actuator. Di mana seluruh mekanisme gerakan dari Actuator ini dikendalikan oleh sebuah papan pengendali. yang biasa disebut (logic board) yang mengomunikasikan setiap pertukaran informasi dengan komponen komputer yang lainnya. Antara Actuator karena keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel Pita tipis.

Kabel inilah yang menjadi jalan instruksi dari dan ke dalam pelat Harddisk.


Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Recovery Data Harddisk, FD, Dll

Website Sepi pengunjung, Disini Solusinya …


Jumlah pelat masing-masing Harddisk berbeda-beda. Tergantung dari ukuran atau daya tampung masing-masing pelat dan ukuran Harddisk secara keseluruhan.

Sebuah pelat Harddisk pada umumnya memiliki daya tampung antara 10 atau 20 Gigabyte (GB). Sebuah Harddisk yang berkapasitas total 40GB (Giga Byte). berarti memiliki dua pelat, sedangkan bila berukuran 30GB (giga byte). ia memiliki dua buah pelat berukuran 10 dan 20GB atau tiga buah pelat berukuran 10GB.

Masing-masing dari pelat Harddisk mampu menangani atau menampung puluhan juta bit data. Data- data ini dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar. sehingga menjadi kemungkinan pengaksesan informasi yang lebih cepat dan mudah.

kerusakan Pada Harddisk
kerusakan Pada Harddisk

Masing-masing pelat mempunyai dua buah Head. satu berada di atas permukaan pelat, yang satunya lagi ada di bawah Head. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa harddisk yang memiliki tiga buah pelat. misalnya (rata-rata sebuah harddisk memang terdiri atas tiga pelat). memiliki total enam permukaan dan enam Head.

 

Mengenali Ciri-ciri Kerusakan Pada Harddisk

  • Banyak file yang Corrupted sehingga tidak bisa dibacas di Harddisk.
    Terkadang, File tidak bisa dibuka oleh Aplikasi. Kalau file yang corrupt adalah file sistem, maka bisa jadi Windows yang tidak berhasil booting. Kalau file yang corrupt adalah file data berupa file Office, foto, musik, pdf, atau yang lainya.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari proses shut down yang salah, sering mengalami listrik mati, bisa juga mengalami aplikasi yang sering Crash atau hang. dan bisa juga memang aplikasi yang anda pakai mengalami masalah. Semuanya tadi bisa membuat file yang ada di dalam Harddisk tersebut rusak atau mengalami corrupt.

  • Kesulitan Membaca Data
    Kerusakan ini bisa kita tandai dengan pembacaan data oleh head pada daerah tertentu yang terus berulang-ulang (retry). Pembacaan data ini tidak akan berhenti sebelum ia berhasil. Kesulitan membaca data ini bisa menjadi sebuah tanda-tanda akan terjadinya bad sector.
  • Terjadi Bad Sector
    Bad sector pada Harddisk adalah sector pada Harddisk yang sudah tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Hal ini tentunya sangat merugikan kita. Ada dua jenis macam bad sector, yaitu bad sector yang sifatnya sementara dan bad sector yang bersifat permanen. Bad sector sementara sebenarnya hanya bersifat software dan secara fisik platter tidak rusak, sedangkan pada bad sector permanen memang ada sector yang rusak secara fisik kalau sudah terkena bad sector permanen ini akan merugikan kita.

 

Solusi Kerusakan Pada Harddisk

Jika anda mengalami masalah masalah Harddisk di atas dan anda ingin mengamankan atau menyelamatkan data anda. kami adalah solusinya Specialist Selamatkan Data/Data Recovery/Backup Data pada Harddisk. Flashdisk, Memory Card dan Handphone Android yang rusak. Melayani Recovery Data hampir 10 Tahun.

Didukung dengan tool terbaik, terupdate dan ketersedian donor harddisk yang lengkap | Divisi lain BOLO Solutions. juga melayani Service Computer/Laptop/Printer Serta melayani Pembuatan/Optimasi Website (SEO) dan Google Ads

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.