Kapasitas Media Penyimpanan

Kapasitas Media Penyimpanan | Gigabytes, Terabyte & Petabyte

Kapasitas Media Penyimpanan | Saat memakai elektronik yang memiliki media penyimpanan. maka pasti pernah dengar Kapasitas Gigabyte. Kapasitas penyimpanan Gigabyte mampu menyimpan data sama dengan 1000 MB. Jadi, bisa saja anda akan memikirkan bahwa Gigabyte. adalah satuan terbesar di dunia penyimpanan data.

Sebaiknya, sebelum beranjak lebih jauh untuk mendalami apakah ada media penyimpanan yang lebih besar dari Gigabyte. maka anda diwajibkan tau apa arti dari satuan-satuan media penyimpanan tersebut. Nah ini tentu saja berkaitan sama penggunaannya dalam Sehari-hari.

Istilah seperti Byte, Megabyte, Gigabyte. semua mengacu pada kapasitas media penyimpanan Digital. Namun, yang kadang membuat kita bingung adalah dengan istilah-istilah Megabyte dan Gigabyte. Oleh karena itu, akan sangat lebih berguna jika anda paham dengan arti dari istilah-istilah tersebut.

Setelah mengetahuinya, maka anda pasti bisa mengetahui bagaimana hubungan satu dengan yang lainnya. ketika membandingkan ukuran penyimpanan pada Harddisk, Flashdisk dan perangkat penyimpanan lainnya. Selain itu, pengetahuan ini akan bisa membantu kita untuk membandingkan kecepatan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, atau bisa juga dari internet ke perangkat anda.

Pengertian , gambar , fungsi , jenis harddisk dan bagian-bagian harddisk

Ini Arti dan Ukuran Kapasitas Media Penyimpanan Digital

Dalam penyimpanan digital ini ada beberapa istilah yang harus dimengerti. biasanya, semua istilah tersebut tidak terpisah, melakinkan ada hubungan satu sama yang lain. Dengan itu sangat penting untuk mengetahui hubungan dan perbandingannya.

Kapasitas Media Penyimpanan Bits, Bytes, dan Kilobytes

Untuk mengupas tuntas kapasitas penyimpanan digital, kita mulai dari tingkat yang paling rendah. Unit penyimpanan digital tingkat paling rendah disebut bit (b). Tingkat penyimpanan ini Cuma mampu menyimpan satu digit biner (1 atau 0). Ketika berbicara lebih luas, terutama sebagai bagian dari kata yang lebih besar. maka sering digunakan huruf kecil “b” sebagai gantinya. Sebagai contoh, satu megabit adalah seribu bit. seperti 47 megabit, maka menggunakan 47 Mb.

Tingkatan diatasnya yang sedikit lebih tinggi dari bit adalah satuan Byte (B). Byte mempunyai nilai delapan bit, yang akan dibutuhkan untuk menyimpan satu karakter teks. Singkatan dari byte maka digunakan huruf “B”. Misalnya, dibutuhkan sekitar 15 B untuk menyimpan kata rata-rata.

Tingkatan selanjutnya dari byte adalah kilobyte (KB), yang sama dengan 1.024 byte data (atau 8.192 bit). “KB” dipakai untuk menyingkat kilobyte. Jadi, misalnya, dibutuhkan sekitar 200 KB untuk menyimpan satu halaman teks biasa. Baca juga : Jasa Backup /Selamatkan Data/Recovery Hp Android Bootloop

Kapasitas Media Penyimpanan
Kapasitas Media Penyimpanan

Kapasitas Media Penyimpanan Megabytes (MB)

Selanjutnya bahas satuan yang sangat sering ditemukan pada Media Penyimpanan Perangkat yang anda gunakan. Satuan tersebut berada satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Tingkat ini disebut Megabytes atau disingkat MB. Ada 1.024 KB dalam satu megabyte (MB). Pada akhir tahun 1990-an, produk seperti hard drive diukur dalam MB. Berikut contoh berapa banyak yang dapat Anda simpan dalam rentang MB :

1 MB = A 400 halaman buku biasa

5 MB =  4 menit lagu mp3

650 MB = 1 keping CD-ROM dengan 70 menit Audio

Kita akan sering melihat angka 1.024 banyak digunakan pada beberapa bagian berikutnya. Contohnya, setelah tahap kilobyte, setiap pengukuran penyimpanan berturut-turut adalah 1.024 dari apa pun pengukuran lebih rendah berikutnya. 1.024 byte adalah satu Kilobyte, 1,024 kilobyte adalah satu megabyte, dan seterusnya.


Baca Juga :


Kapasitas Media Penyimpanan Gigabite (GB)

Tidak heran jika ada 1.024 MB dalam satu Gigabyte (GB). GB masih umum ketika mengacu pada tingkat penyimpanan konsumen saat ini. Meskipun sebagian besar Harddisk biasa. diukur dalam terabyte akhir-akhir ini, misal seperti drive USB dan banyak Harddisk, Solid State masih diukur dalam Gigabyte. Beberapa contoh dunia nyata:

1 GB = kurang lebih 10 yard buku di rak

4,7 GB = Kapasitas satu disk DVD-ROM

7 GB = Berapa banyak data yang digunakan per jam saat streaming video Netflix Ultra HD

Kapasitas Media Penyimpanan
Kapasitas Media Penyimpanan

Kapasitas Media Penyimpanan Terabite (TB)

1.024 GB dalam satu terabyte (TB). Akhir-akhir ini, TB adalah unit pengukuran paling umum ketika berbicara mengenai ukuran Hard Drive reguler. Beberapa contoh dunia nyata:

1 TB = bisa 200.000 lagu 5 menit; 310.000 gambar; atau senilai 500 jam film.

10 TB = Jumlah data yang dihasilkan oleh Teleskop Luar Angkasa per tahun

24 TB = Jumlah data Pada tempat Recovery Data

 

Kapasitas Media Penyimpanan Petabyte (PB)

Ada 1.024 TB (atau satu juta GB) dalam satu petabyte (PB). Jika ini terus berlanjut, Petabyte cenderung akan menggantikan Terabyte sebagai ukuran standar. untuk penyimpanan tingkat konsumen di masa yang akan datang. Contoh-contoh dunia nyata:

1 PB = 500 miliar halaman teks standar yang diketik dikertas

1,5 PB = 10 miliar foto di Instagram

20 PB = Jumlah data yang diproses oleh Google setiap hari pada tahun 2017

Kapasitas Media Penyimpanan Exabytes (EB)

Nah ini, Ada 1.024 PB dalam satu exabytes (EB). Raksasa teknologi seperti Amazon, Google, dan Facebook (yang memproses jumlah data yang tidak terpikirkan). mereka yang khawatir tentang ruang penyimpanan semacam ini sekarang. Di tingkat konsumen, beberapa sistem file yang digunakan oleh sistem operasi saat ini. memiliki batas teoretis di suatu tempat di exabyte. Contoh-contoh dunia nyata:

1 EB = 11 juta video 4K, mantab bro..

5 EB = kata yang pernah diucapkan oleh semua orang

15 EB = Total perkiraan data yang dimiliki oleh Google, hehe

Dengan demikian, Exabytes adalah tingkat penyimpanan tertinggi yang ada saat ini. Urutan ini tentu saja masih bisa terus berlanjut. Tiga kapasitas selanjutnya yang ada dalam daftar adalah zettabyte, yottabyte, dan brontobyte. Baca Juga : Spesialis Jasa Data Recovery HDD, FD, MMC, HP

 

RINGKASAN
Disk Storage Processor atau Virtual Storage
1 Bit = Binary Digit 1 Bit = Binary Digit
8 Bits = 1 Byte 8 Bits = 1 Byte
1000 Bytes = 1 Kilobyte 1024 Bytes = 1 Kilobyte
1000 Kilobytes = 1 Megabyte 1024 Kilobytes = 1 Megabyte
1000 Megabytes = 1 Gigabyte 1024 Megabytes = 1 Gigabyte
1000 Gigabytes = 1 Terabyte 1024 Gigabytes = 1 Terabyte
1000 Terabytes = 1 Petabyte 1024 Terabytes = 1 Petabyte
1000 Petabytes = 1 Exabyte 1024 Petabytes = 1 Exabyte
1000 Exabytes = 1 Zettabyte 1024 Exabytes = 1 Zettabyte
1000 Zettabytes = 1 Yottabyte 1024 Zettabytes = 1 Yottabyte
1000 Yottabytes = 1 Brontobyte 1024 Yottabytes = 1 Brontobyte
1000 Brontobytes = 1 Geopbyte 1024 Brontobytes = 1 Geopbyte

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.